Farewell Party



Sudah terlalu lama sendiri
Sudah terlalu lama aku asyik sendiri
Lama tak ada yang menemani, rasanya...

Entah kenapa diacara farewell party tadi aku nyaman dengerin lagu yang satu ini. Saat denger lagu ini, aku jadi teringat kalau udah 2 tahun belakangan ini aku udah sibuk sendiri tanpa harus ditemani. Mungkin semua ini merupakan suratan takdir. Seandainya aku gak ketemu dengan si mantan 2 tahun lalu, mungkin aku gak belajar, belajar untuk hidup lebih mandiri tanpa harus ditemani. 

Padahal diputusinnya udah 2 tahun lalu, tapi, traumanya sampe sekarang. Semenjak putus dari mantan, aku jadi dicap HOMO. Gara-gara dia juga aku jadi bisa terjun dalam dunia blogger kayak sekarang. Sempat berpikir buat operasi wajah di Thailand dan jadi seorang LB (Lady Boy), biar bisa ngerasakan kembali bagaimana rasanya dicintai dan mencintai, walau endingnya aku yang disodomi. Dan seandainya aku check-up di sebuah rumah sakit, pastilah sang dokter mendiagnosaku terkena penyakit Fractura Hepatica stadium IV. Sebenernya, aku udah usaha buat dapetin seorang cewek dan memutus tali rantai kejombloan ini, tapi, ntah kenapa endingnya selalu gak cocok di hati. Mungkin inilah efek fractura yang berkepanjangan, ah sudahlah...

Sebagai seorang penderita Fractura Hepatica mengikuti acara farewell party adalah hal yang sangat ngenes dan kamfret. Walau saat acara aku sibuk dengerin lagu di playlist, pikiranku selalu melayang-layang jauh dan mengingat satu persatu kisah cinta yang udah pernahku alamin selama masa SMA. Mulai dari kisah cinta seorang sahabat, kisah cinta dengan teman sekelas, sampe kisah cinta terlarang dengan seorang ibuk kantin.

Semua orang yang mengikuti acara farewell party terlihat sibuk. Foto-foto, nangis, pelukan karena kangen, lah aku, aku cuman bisa terus ileran di bangku karena gak ada yang meluk sambil dengerin lagu. Disela-sela aku denger lagu, gak terasa namaku dipanggil buat salam-salaman diatas pentas. Sepintas acara salam-salaman ini terlihat kayak handshake bareng member JKT, semua guru berjejer lurus, lalu kita datang sambil nyalam, dan sang guru ngasih ucapan perpisahan yang aku prediksi gak sampe 10 detik, mirip kali sama acara handshake JKT48 salahnya aja gak pake bilik, ticket dan ini gratis.

Pas sedang salam-salaman, kakiku melangkah ketempat berdirinya seorang guru yang udah sangat-sangat gak asing lagi di mataku, iya itu wali kelasku. Saat mendekat sambil menatap wajahnya, aku ingat kalau saat farewell party ini aku belum bayar uang perpisahan. Aku sengaja bayar telat, karena sebagai orang Medan aku punya prinsip: Cicip dulu baru bayar. Cicip makanan farewellnya dulu baru bayar, kalau enak bayar, kalau gak enak juga bayar tapi dengan hati yang gak ikhlas. Moment-moment yang gak ditunggu akhirnya tiba, aku takut aja kalau pas salaman dengan sang bapak wali kelas tiba-tiba dia bisik-bisik ke kupingku sambil bilang, `mana uang perpisahanmu?' Saat dia bisik-bisik gak sengaja kepsek dengar, setelah kepsek dengar, dia ngelaporkan ke ketua panitia untuk bacakan list manusia-manusia laknat yang belum bayar uang perpisahan. Akhirnya, sang ketua panitia maju sambil ngebacakan list tersebut dan menyuruh maju semua manusia jahannam yang belum bayar di depan semua tamu undangan yang datang dan semua peserta. Dan dari sekian banyak manusia yang belum bayar, namaku juga disebut salah satunya. Itukan horong banget.

Yang namanya farewell party pasti semua orang terlihat senang dan bahagia dengan jas, kebaya, dan bedak kiloan hasil salonnya semalam, berbeda denganku. Aku lebih terlihat kalem dan sering melamun. Aku melamun untuk mengingat tentang apa yang udah kudapat selama 3 tahun bersekolah di SMA ini. Jujur aja, seandainya otakku dibelah dan klen kepengen nyari satu informasi pelajaran di dalam otakku, pasti nanti bakalan muncul dari dalam otakku kalimat "404 Error not Found".
Banyak temen yang ngira kalau aku lagi nahan boker, atau lagi nahan nyesek karena nengok mantan foto dengan pacar barunya.

Diacara farewell party, yang punya pacar bisa foto bareng, yang punya gebetan bisa duduk bareng, yang gak punya pacar kayak aku cuman bisa duduk diem sambil jilatin kursi karena ngiler. Untung aja bukan aku sendiri yang bernasib sial seperti itu karena temenku yang bernama Sani juga ngerasakan hal yang sama. Pokoknya diacara farewell party semua cowok minta kejelasan tentang hubungan cintanya kedepan. Buat cowok-cowok yang gak punya cewek kayak aku cuman bisa minta kepastian, kepastian buktin pelunasan utang di koperasi.

Satu-satunya kebahagian seorang JONES saat Farewell Party adalah mendapat pujian dari temen cewek dikelas. `Wah... ganteng kali ya hari ini kau zal. Biasanya mirip gembel.' Awalnya senang dikatain ganteng, tapi endingnya nyakitin karena disamain gembel. Cewek yang memuji itu adalah temen kelasku sebut saja namanya: Afnes Rahmatika. Bukan cuman dia yang bilangin aku ganteng banyak temen-temen cewek yang lain yang juga bilang, walau lebih banyak temen cowoknya sih yang bilangin aku ganteng. Dari banyaknya pujian yang bilang aku ganteng, hanya 3 pujian yang aku ingat sampe sekarang. Pertama, pujian dari Afnes. Kedua, pujian dari ibuk kantin yang berharap utangnya dilunasi. Dan ketiga, pujian dari tukang bangunan sekolah.

Saat acara farewell party, aku terlihat seperti orang dongok yang plengak-plengok bingung mau ngapain. Mau ngajakin foto gebetan malu karena dandanannya lebih macho dibanding aku. Mau berak ditengah keramaian takut semuanya kebaukan. Aku mirip seperti seekor protozoa yang terasing diacara farewell party.

Sangking bingungnya mau ngapain, aku coba nawarin ke Sani rencanaku buat ngajakin dia tanding main PS3. Sani langsung setuju.
**
SIANGNYA, setelah makan, sholat, dll... kami langsung cabut menuju rental PS terdekat di depan sekolah. Saat sampek, aku bingung mau ngajak tanding game apaan. Game "Dora the Explorer" sampe "Assasin Creed" awalnya menjadi pilihan, tapi aku sadar kalau itu game bukan multi player. Jadinya kami milih main Pro Evolution Soccer 2013. Aku make Liverpool, Sani pakai Munyuk. Pertandingan pertama aku menang dengan skor 3-1.
Pertandingan kedua, aku makai Munyuk city, Sani pakai Arsenal. Petandingan kedua berlangsung dengan ketat dan sengit. Drama balas-balasan gol terjadi. Saat sedang asyik sedang balas-balasan gol yang saat itu skornya 3-3, muncul sebuah sms di HP Sani yang isinya, `Cepat klen balik ke sekolah. Mau foto nih sama wali kelas.' SMS tersebut terlihat sangat horor. Baru aja main udah disuruh foto. Akhirnya game yang baru dimainin 15 menit harus dibayar sebanding dengan harga 2 jam karena saat pertama main kami minta waktu 2 jam, kamfret.

Karena jarak dari rental PS menuju sekolah cuman ratusan meter, kami gak perlu waktu banyak buat langsung balik ke sekolah. Saat baru masuk ke gerbang, terlihat temen-temen dan wali kelas yang udah siap-siap baris untuk di foto, aku dan Sani langsung masuk ke barisan dan foto. Kami berdua berfoto dengan keadaan ketek yang becek-becek. Saat sedang asyik foto dengan keadaan ketek yang becek, nampak mantan berjalan dengan rombongan yang siap-siap juga buat difoto. Aku yang gak peduli dengan rombongan lain, melanjutkan kembali acara foto-foto. Diacara foto inilah lagi-lagi perbedaan kasta antara si jomblo dan si-punya pacar terlihat kembali.
Yang punya pacar ngajakin pacarnya selfie dan berfoto ria.
Yang jomblo cuman bisa ngelus dada sambil istighfar di pojokan, itu adalah aku dan Sani. Sani ngelus-ngelus dadanya yang besar yang mirip kayak dada wanita (kebetulan Sani sedikit buncit) karena kangen dengan pacarnya yang lagi LDR-an di Jawa, aku cuman bisa istighfar karena tanganku dipake Sani buat ngelus dan remes-remes dadanya. Sepintas adegan itu terlihat seperti adegan sepasang remaja homo yang sedang mesum ditempat umum.

Setelah acara foto-foto tersebut, acara farewell party resmi berakhir.
Satu-satu pembelajaran yang aku dapat pada acara tersebut adalah:
"Terasing seperti apapun kita, ingatlah teman selalu ada buat nemani dirimu.
Sejauh apapun kita melangkah, walau tidak bisa terus saling ketemuan, ingatlah dalam hati. WE'LL NEVER WALK ALONE! Karena selalu ada teman yang menemani di dalam hati. Ingatlah itu!"


-RIZALI RUSYDAN-


Salah satu penampakan kami.
Bagi yang penasaran, itu aku orang ke-enam dari sebelah kanan

Previous
Next Post »

41 comments

Write comments
Beby Rischka
AUTHOR
Tuesday, 05 May, 2015 delete

Diputusin cewek? Duh ngenesnya :'

Yah sama sih. Kadang-kadang kalok ada dalam keramaian, aku sering ngerasa asing dan ngga paham sama kondisi sekitar yang keknya enjoy banget. T_T

Reply
avatar
Tuesday, 05 May, 2015 delete This comment has been removed by the author.
avatar
Tuesday, 05 May, 2015 delete

Jadi saat farewell party itu lu ibarat tenggelam dalam kesepian di suasan keramaian ya bro?

Gue kadang juga gitu sih. Lagi nongkrong, sambil buka twitter, eh ngelihat mantan nge-tweet mesra buat pacar barunya. Gue langsung bengong, ngelamun, dan jilatin kursi karena ileran :D

Reply
avatar
Tuesday, 05 May, 2015 delete

Ngeri banget deh gara-gara jomblo berubah jadi cewek terus lubang pantat jadi melebar gara-gara disodomi.

Istilah fractura hepatica ini sukses lo buat aku googling gara-gara penasaran dan ternyata penyakit yang membuat galau. Kalau handshake yang tipe gitu namanya "national handshake" jadi hs nya bareng semua member gak cuma milih satu doang.

Ini nggak ada yang muter lagu sakura no hanabiratachi nih?

Reply
avatar
Aldi Rahman
AUTHOR
Tuesday, 05 May, 2015 delete

pengalaman yang menyedihkan, kalo menurut gue, seharusnya acara perpisahan itu menjadi momen yang menyenangkan, mungkin. Kayaknya berbeda dengan yang lain itu nggak enak ya? Gpp sih nikmatin aja, lebih banyak bersyukur atas nikmat yang sedang dimiliki

Reply
avatar
Tuesday, 05 May, 2015 delete

Ngakak pas baca bagian dikatain homo hahahaa emang kalau jomblo rentan banget ya dijkatain begitu. Apalagi kalau akrebnya sama satu cowok aja. Atau lebih. Begh...

Reply
avatar
Wednesday, 06 May, 2015 delete

Bro, gue tersinggung itu lu bilang MU jadi munyuk, gue United Lover tersinggung nih.

Hahaha, kalau jomblo mah gitu. Gue juga sekarang, pas lagi jomblo, dikatain homo. Untung aja banyak temen gue yang jomblo.

Itu pas perpisahahan ngenes banget ya. Ngemeng-ngemeng gue perpisahan tahun depan, gue udah punya persiapan seandainya gue masih jomblo, selama acara gue bakal persiapin buku buat dibaca. Jadi, gue nanti bakal membaca aja sepanjang acara xD

Terasing seperti apapun kita, ingatlah teman selalu ada buat nemani dirimu.
Sejauh apapun kita melangkah, walau tidak bisa terus saling ketemuan, ingatlah dalam hati. WE'LL NEVER WALK ALONE! Karena selalu ada teman yang menemani di dalam hati. Ingatlah itu! Iya, gue bakal inget!

Reply
avatar
Wednesday, 06 May, 2015 delete

Saat-saat perpisahan memang saat yang paling mengharukan, antara bangga karena kita bisa lulusm tapi disisi lian sedih juga karena kita harus berpisah dengan teman, tapi inilah yang namanya kehidupan ada pertemuan, pasti ada perpisahan.

ketika perpisahan samakin terasa sedih emang, ketika kita sendiri dan masih dicap sebagai orang jomblo, ngeliat para temen-temen kita malah asik foto sama pacarnya. gue tau kok kondisi lo kaya gimana ketika itu, soal gue juga pernah merasaka hal itu.

kata-kata perpisahannya keren nih gue suka, "We'll never walk alone"

Reply
avatar
Wednesday, 06 May, 2015 delete

haha, duh nasib jomblo gitu amat yaa. sudah terlalu lama sendiri itu ada enaknya juga loh. kita lebih bisa merasa lebih bebas aja dan semakin punya banyak temen, bebas berkarya juga. coba kalo ada pacar, pasti waktunya habis buat dia muluu hehe. yang jelas, jomblo nggak selamanya menyakitkan kook, bro.

oh jadi gitu yaa budayanya orang Medan, cicip dulu baru bayar hehe. bisa juga tuh diterapkan di pacaran, kayak misalnya, pacaran dulu baru cinta, gitu haha

tetep semangat aja lah bro, temen masih banyak kok di belakang kita.

Reply
avatar
i Jeverson
AUTHOR
Wednesday, 06 May, 2015 delete

kesan tersendiri tuh farewell party :")
gile, kita cukup sama. diputusin mantan 2 tahun yang lalu, traumanya masih kerasa sampe sekarang. pantesan aja lu belum move on dari rena...

kalau sekolah gue tempat parkirnya sebelahan sama rental ps. gaul kan :))

Reply
avatar
Wednesday, 06 May, 2015 delete

betul... betul... betul

Reply
avatar
Wednesday, 06 May, 2015 delete

hahah iyasih. istilah fructura hepatica itu, aku dapet pas aku lagi bengong pas pelajaran kimia yang gurunya killer

Reply
avatar
Wednesday, 06 May, 2015 delete

jumpa mantan via twitter gak lebih serem dari jumpa mantan langsung yang lagi foto sama pacar barunya. disampingku lagi

Reply
avatar
Wednesday, 06 May, 2015 delete

bersyukur karena jadi jomblo laknta diacara farewell party, khususnya

Reply
avatar
Wednesday, 06 May, 2015 delete

HOMO dn JOMBLO hanya berjarak beberapa milimeter

Reply
avatar
Wednesday, 06 May, 2015 delete

nyiapin buku buat farewell party itu ide yg bagus, men.

Reply
avatar
Wednesday, 06 May, 2015 delete

We'll never walk alone! inspired bye YNWA nya liverpool lho hahah

Reply
avatar
Wednesday, 06 May, 2015 delete

Cicip dulu baru bayar, pacaran dulu baru cinta. nice men!

Reply
avatar
Wednesday, 06 May, 2015 delete

Mantan mahluk kamfret yang buat move on jadi sulit

Sama RENA aku gak bakalan move on jeff.

Reply
avatar
Wednesday, 06 May, 2015 delete

fractura hepatica stadium 1v.. waduh tingkatannya udah hampir staduim akhir,hehe ya udah syukuri aja kesendiriannya.nanti juga akan mendapatkan yang lebih baik daripada yang bikin galau :)

Reply
avatar
Mahfud Ridwan
AUTHOR
Wednesday, 06 May, 2015 delete

Oalah, farewell party itu acara perpisahan toh. Ini kenapa tadi gue mikirnya ke acara Splash after Class yang fenomenal dan menggemparkan itu. Hahahahaha sorry bro, bercanda.

Udahlah bro, nggak punya pacar nggak bakal bikin lo mati kok, mungkin hati aja yang mati. Hahahha, dari sana lo juga dapet pelajaran lain kalau hidup itu harus pindah. Artinya lo juga harus pindah dari mantan lo untuk mencari yang lebih baik. Sama kayak pindahnya anak SMA ke Universitas. Untuk jenjang yang lebih tinggi dan lebih baik. Semangat!!

Reply
avatar
Wednesday, 06 May, 2015 delete

Jal itu penyakit apaan? Fractuajsgayaiaka, kayaknya penyakit yang berbahaya ya, kayak penyakit yang sengaja diturunkan untuk orang-orang yang sudah terlalu lama sendiri dan akhirnya memutuskan untuk jadi homo.

Nyesek banget tapi diputusin mantan dan traumanya masih sampe sekarang jal, apalagi mantannya satu sekolah. Seharusnya diacara seperti ini lu harus punya gebetan buat dendam kepada mantan. Biar lu bisa jalan lewat di depan sang mantan dan menunjukan wajah 'nih, gue bisa move on dari lu kan mpret'.

Prinsip orang medan itu bener-bener keren banget, dan harus aku tiru. Nanti kalau aku mau cari pacar aku mau nyicip dulu, mau aku tes selama 1 bulan, kalau orangnya cuma bisa nyakitin enggak mau aku pacarin.

Reply
avatar
Wednesday, 06 May, 2015 delete

Jadi pas bengong guru killer lagi nerangin istilah fractura hepatica gitu?

Rena kemarin ulang tahun lho..

Reply
avatar
Andrian Ryudo
AUTHOR
Wednesday, 06 May, 2015 delete

kalau berbicara berkumpul dengan orang di keramaian. saya lebih pilih tidak hadir cz saya terkadang suka minder dengan orang2 yang ada di sekitar ga tau kenapa itu aulit di hilangkan sampe sekarang

Reply
avatar
Yulita Mus
AUTHOR
Thursday, 07 May, 2015 delete

Fractura Hepatica stadium IV pulaa?????
kasian, aku baru denger nama penyakit itu. -_-

aku bisa ngrasain gimana rasanya sendirian di acara kayak gitu karena selama ini kalo ada acara, aku jg hampir gak bisa berbaur sm temen2 lain.

Reply
avatar
Thursday, 07 May, 2015 delete

ohoho mantap ram, makin tamvan ku tengok kau bah wokwokwok, udah naik dikit lah kasta tu, jd gembel ellite wokwokw

Reply
avatar
Thursday, 07 May, 2015 delete

ohoho mantap ram, makin tamvan ku tengok kau bah wokwokwok, udah naik dikit lah kasta tu, jd gembel ellite wokwokw

Reply
avatar
Thursday, 07 May, 2015 delete

oh jadi hasil kutipan toh, kirain kata-kata lo sendiri, hehehe tapi artinya bagus tuh, buat moment perpisahan mah pas banget, nyetuh ke hati.

Reply
avatar
Thursday, 07 May, 2015 delete

C'mon...jangan makin tenggelam sama status kesendirian lu. =)

Reply
avatar
Thursday, 07 May, 2015 delete

C'mon...jangan makin tenggelam sama status kesendirian lu. =)

Reply
avatar
Thursday, 07 May, 2015 delete

hahah iya men.

aku tau bro, tapi sayang belum bisa ke jepang mungkin 2 atau 3 tahun lagilah dalam rangka liburan. mau kumpul-kumpul duit dulu semoga aja dia belum grade hahah

Reply
avatar
Thursday, 07 May, 2015 delete

lo enak bang. naik-naik ke puncak gunung baru ntar lagi naik ke puncak pelaminan
lah aku, naik-naik ke hati mantanlah palingan

Reply
avatar
Thursday, 07 May, 2015 delete

hahah thanks mok.
hal yang paling bahagia itu ketika temen sendiri baca blog kita lalu komen, bukan orangt lain. smeoga kau ketularan ketamvanan ku

Reply
avatar
Thursday, 07 May, 2015 delete

kita sama mbak. susah membaur padahal aku orangnya dulu gampang membaur lho.
mungkin inilah effect ketika mantan menyerang

Reply
avatar
Thursday, 07 May, 2015 delete

semoga aja mbak. hahah

Reply
avatar
Thursday, 07 May, 2015 delete

kalau ini acara splash after class kemungkinan terbesar aku yg make bikininya

Reply
avatar
Thursday, 07 May, 2015 delete

gebetan udah ada nco. dia baik tapi akunya yang malah ngerasa gak cocok haha
#curcol

Reply
avatar
Thursday, 07 May, 2015 delete

wah beda mas. kalau akusih bukannya minder, tapi memang gak suka gabung-gabung

Reply
avatar
Sunday, 10 May, 2015 delete

Dari curhat lo belum move on dri mantan smle pgn ke Thailand, gue bnr bnr mikir nih orng beneran nggak sih hahaha...lanjutannya soal farewell party. Ya harusnya lo jadi sksd dkit sma temen lo gapapalah spa tau dpet pelukan. .ah klo cman ngiler doang di pojoka
n kan ya ga punya ksempatan kisanak kaaaaaannn...tpi emng bnr yg trakhir...mau seperti apapun selagi masih ada temen, all is well...all is well...

Reply
avatar
Saturday, 16 May, 2015 delete

Fracture hepatica itu apalagi istilah baru hahaha btw jangan merasa sedih jadi jomblo, seharusnya bangga jadi jomblo, bisa bebas berkreasi haha

Reply
avatar
Akarui Cha
AUTHOR
Thursday, 26 November, 2015 delete

Gue paham kok, gimana rasanya jomblo. Jangan galau ya jones. *ups hehehe peace

wah, selamat ya udah lulus. Siap siap.untuk keasikan hidup yang baru ya.

Reply
avatar