Komentar terbaru

Ramadhan Sesat #2 Rizal Featuring Tejo: Macam-Macam Type Orang Puasa



Ramadhan bulan yang penuh berkah. Gak sedap rasanya kalau cuman diisi dengan menahan lapar, haus, sambil tidur-tiduran. Begitulah menurut Tejo. Dengan semua ke-sotoy-an level dewa, semenjak ramadhan Tejo sering ngajakin aku untuk ngaji. Gak peduli dimanapun tempatnya, yang dipikiran Tejo hanya satu "Kita harus ngaji." Kalau udah gini kita berdua udah kayak musafir pindah-pindah masjid dari satu masjid ke masjid lainnya. Bukan cuman ngaji, semenjak ramadhan Tejo juga jadi alim. Selama ramadhan hobby nonton bokep Tejo breubah menjadi hobi sholat. Sangking semangatnya sampe-sampe Tejo sering overdosis kalau sholat. Seharusnya 5x sehari jadi overdosis 22x sehari-semalam. Padahal dihari biasanya sholat 1x sehari aja udah sujud syukur itupun sholat karena mau maling sendal. Bukan cuman hobbynya aja yang berubah, waktu pengerjaannya juga jadi tepat waktu. Setiap kali mendengar adzan berkumandang Tejo selalu bergegas sholat dimanapun berada, terakhir kali, pas kita lagi nyebrang berdua di jalan tiba-tiba mendengar suara adzan, dia langsung gelar sajadah dan sholat di tengah jalan.

Dari semua tempat ngaji yang kita datangin, ada satu tempat ngaji yang kalau menurut aku dan Tejo isi materinya itu lucu, gampang dimengerti, dan aktual yang ngebuat kita berdua selalu ingat sampe sekarang. Jadi gini ceritanya:

Tepatnya dua hari yang lalu, seperti biasanya setelah adzan isya', Tejo datang ke rumah untuk mengajakku pergi ke masjid. Kita berdua naik kereta ke masjid. Biasanya kita berdua naik kereta Tejo kalau mau ke masjid, tapi kali ini naik keretaku. Tejo bilang kalau keretanya mau di servis, maklum stang pistonnya bocor. Jadi rencananya setelah balik taraweh nanti Tejo mau minta anterin, katanya dia mau bawa itu motor ke tukang tambal biar stang pistonnya ditambal. Tejo memang gitu orangnya. Stang piston bocor, bukan-nya ganti baru tapi malah dibawa ke tukang tambal ban. Kereta mogok, dibawanya ke tukang Dorsmeer. Keretanya overheat disiram pake bensin lalu dibakar. Tejo mah bebas.

10 menit kemudian, kita berdua udah sampe di depan masjid tempat kita sholat biasanya. Kita berdua langsung masuk dan langsung sholat. Kebetulan kita datangnya agak telat karena sholat udah di mulai. Siap sholat isya', kita berdua duduk samping-sampingan buat denger ceramah singkat dari ustadz.

Dengan baju gamis putih dan peci hitam, Tejo duduk disebelahku dan siap untuk mendengarkan ceramah. Sepertinya ramadhan menjadi titik balik seseorang untuk mencari kebaikan, bahkan untuk orang yang punya keturunan genderuwo kayak Tejo. Padahal tahun lalu biasanya sebelum tirai ibuk-ibuk dibuka untuk mendengarkan ceramah dari ustadz, Tejo ngacir keluar masjid bareng anak-anak SD buat beli petasan jangwe dan mercon korek lalu dimaini di samping masjid sambil ketawa cekikikan "kikiki...kikikikkk...kikik" kayak kuntilanak ketelen sendal.

Malam itu menjadi malam dimana aku dan tejo khusyuk dengarin khotbah. Khotbahnya seru dan materinya ringan jadi gak buat aku sampe kram otak tiap kali mikir apa yang disampaikan. Materinya itu tentang macam-macam type orang berpuasa di bulan ramadhan.

Jadi, dalam bulan ramadhan, ustadz bilang kalau banyak versi manusia dalam menjalani ibadah puasa. Pertama: Type kambing.

Type kambing itu, type orang-orang yang gak mau diajak puasa padahal puasa itukan sehat. Tujuannya untuk mengistirahatkan organ pencernaan kita yang selama setahun dalam 11 bulan selalu kita pake buat mencerna makanan. Jadi dalam bulan puasa ini ingin diistirahatkan. Bukan cuman itu aja, puasa type kambing ini type orang yang ngeyel kalau diajak puasa. Ada aja alasannya setiap kali disuruh puasa. Yang penyakit mag-lah, yang bininya dua-lah, pokoknya ada aja alasannya.

Ibaratkan seekor kambing. Kambing itukan bau, sangking baunya beberapa meter masih tercium aromanya. Jadi, dibawalah se-ekor kambing ke padang rumput oleh pemiliknya biar kambing tersebut bisa makan sepuasanya. Pas lagi makan tiba-tiba turun hujan, nah... kalau kena hujan kambing itu bisingnya minta ampun dan berlarian kesana-kemari. Kambing tersebut pun ngembak-ngembek sekuatnya. Kambing tersebut gak tau kalau air hujan itu baik buatnya karena tiap kali air hujan tersebut jatuh membasahi tubuh kambing tersebut, tiap itu pula aroma tubuhnya dihilangkan. Seperti itu jugalah manusia yang selalu menolak kalau diajak puasa. Padahal itu baik, tapi dia gak tau.

Kedua: Type kerbau.

Orang yang puasanya type kerbau inilah yang sering kita lihat selama bulan ramadhan. Pas puasa, baiknya minta ampun. Make sorban kemana-kemana, selalu lembut nada bicaranya, pakaian-nya pun selalu sederhana tiap kali keluar rumah. Siap puasa, masyaAllah jangankan make sorban atau sederhana pakaian-nya, setiap kali bicara kosa kata-kosa kata planet zorgon sering dia gunakan. Seluruh isi kebun binatang dan anggota tubuh juga di gunakan. "Oi... dasar Anjing lo anjing!" atau " Ah... titit-lah!"

Analoginya kayak seekor kerbau. Kerbau itukan binatang yang suka dimandikan, walau udah mandi dan bersih, tiap kali ngelihat lumpur pasti dia pengen berendan dan kotor-kotoran. Padahal tadinya udah bersih. Begitu juga manusia. Bulan ramadhan suci, setelah perginya ramadhan kembali maksiat lagi.

Ketiga: Type orang mukmin.

Semua yang berpuasa di ramadhan pasti mengharapkan yang ketiga ini. Berpuasa karena butuh bukan dipaksa. Puasa yang iklhas karena mengharap ridho semata. Dan bla...bla bla panjang lagi kelanjutannya aku lupa. 

Setelah 20 menit selesai khotbah, aku dan Tejo langsung berdiri siap-siap untuk sholat taraweh.

Sholat taraweh selesai.

Kami berdua pulang dan pas pulang Tejo bilang kalau sendalnya ketukar.
Jadi intinya adalah: Sholat taraweh jangan pakai sendal cantik kalau sendalnya gak mau ketukar.

Salam sesat dari Rizal dan Tejo.
Sesat itu nikmat!       
-RIZALI RUSYDAN-


Ramadhan Sesat #2 Rizal Featuring Tejo: Macam-Macam Type Orang Puasa Ramadhan Sesat #2 Rizal Featuring Tejo: Macam-Macam Type Orang Puasa Reviewed by Rizali Rusydan on June 21, 2015 Rating: 5

39 comments:

  1. Semoga kita bisa termasuk dalam golongan mukmin ya, Tejo.

    ReplyDelete
  2. Semoga kita semua termasuk dalam golongan orang yang ke 3 ya, tipe orang mukmin. Aamiin. :))

    Inti dari postingan ini sangat bermanfaat sekali. Oke jangan pernah pake sandal cantik waktu tarawih. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. intisari postingan ini memang sangat bermanfaat. singkat, cepat dan padat

      Delete
  3. Gue adalah type mukmin kalo lagi ramadhan.


    Tapi masih dalam proses yang lama :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. nikmatin aja dulu prosesnya semoga berkah! by: TeJok

      Delete
  4. Wah, tipe satu dan kedua kampret. Paling parah adalah tipe kedua tuh. Ada-ada aja sih namanya tipe kambing sama tipe kerbau. :D

    Semoga aja gue termasuk tipe mukmin. Aamiin. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebetulnya ada satu lagi type Tejo cuman Tejo malu kalau dimasukkan

      Delete
  5. bagus dan lucu ceritanya...rasanya mau nambah lagi dunk type type org puasa, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tambahin aja buk/mbak gappa kok nanti aku masukin heheheh

      Delete
  6. waduh saya tipe yg mana nih ya


    btw, saya ggak alasan tapi kadang maag ini kambuh

    ReplyDelete
  7. tipe kerbau kampret banget, gue masuk tipe yang terakhir aja dahh, cari amannn wkwkwkw

    ReplyDelete
  8. Wih, keren juga tipe-tipenya. Semoga kita semua termasuk tipe yang ke-3, yaitu orang-orang mukmin.. Aamiin..

    Kalo Tejo dia tipe apa? Jangan-jangan tipe persilangan antara kerbau dan kambing. Jadinya selain bau, dia juga suka main kotor-kotoran

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Tejo memang tipe persilangan. persilangan kerbau, kambing dan genderuwo

      Delete
  9. ada2 aja tu ustad golongin type type kayak gitu =D
    semga gua termasuk golongan orang mukmin :)

    ReplyDelete
  10. Aduh, ini ajaran mana lagi >_<
    AKu mau yang mukmin. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua juga pengen tipe yang terakhir keles hahah

      Delete
  11. Ceritanya komplit. Semua diceritain dari awal sampe akhir.

    Setuju tuh sama tipe kerbau: pas ramadhan suci, udahannya maksiat lagi. Manusia..manusia.

    ReplyDelete
  12. Itu aib diumbar banget secara terbuka.. "tobat nonton bokep" hahaha
    Hati hati, menonton video porno dapat menyebabkan kebodohan lho.

    BTW di paragraf 3 ada yg salah ketik nih, kereta = motor kan maksudnya? itu ada kata "motor" satu jadi agak bikin gak nyambung disitu..

    Semoga kita semua tergolong umat manusia yang mukmin yaaa, aaamiiin :))

    ReplyDelete
  13. ini tipe-tipe nya keren-keren tapi menyesatkan, untuk ada penyelamatan di tipe yang ketiga. semoga gue juga termasuk orang-orang yang mukmin. amiiin

    ReplyDelete
  14. Type Kerbau banyak tuh... Paling terasa itu kan dari perubahan sikap. Yang sebelum bulan puasa mesum tiba2 jadi alim tapi setelah lebaran mesum lagi. Masih banyak type kerbau ya...

    Kalo saya gak masuk semuanya karena saya non muslim :p

    ReplyDelete
  15. haha, baru tau tuh ternyata ada type type nya juga yaa :D :D :D
    tipe yang kerbau tuh yang paling sering di lakuin sama manusia *walaupun gaa semuanya* hihihi

    sambutlah ramadhan dengan ceria :)

    ReplyDelete
  16. Widih ampe dijadiin postingan blog nih ceramahnya pak usatd haha keren sih analoginya. tp terlalu dikit kalau cuma 3 mah

    Btw dapet tanda tangan pak usatdnya ga buat diisi di buku Jurnal Ramadan haha

    ReplyDelete
  17. Selama bulan puasa rizal akan berduaan bareng sama tejo, fix lebaran nanti mereka berdua jadian. Rena dikemanain? Keren nih mau ke masjid aja naik kereta, beda tempat beda bahasa.. :v

    Coba tebak hayo aku tipe yang mana ? :p

    ReplyDelete
  18. Kenapa poin ke3 nggak pake perumpamaan binatang juga? Tipe kucing anggora mungkin, atau tipe musang Afrika?

    Tapi bagaimanapun keren itu ceramahnya, jadi semangat buat menjalankan puasa. Dan kalo teraweh pake sendal jepit bulu aja.

    ReplyDelete
  19. Gue pengen jadi orang mukmin aja, ya. Rada ngeri yg lainnya... :D

    Meksipun ada banyak hal tipe begituan. Gue manggut2 aja. Pikiran gue gak nyampe soal itu. Pangerankan masih kecil. Aunya minum susu aja. :D

    ReplyDelete
  20. gue rasa Tejo ngeri juga yah tobatnya, dari suka liat miyabi jadi suka solat subhanallah sekali Tejo.
    solatnya itu loh 22x -_-

    semua orang pengen jadi yang tipe ke tiga.

    kalau tipe pertama gue rasa itu non muslim soalnya susah diajak puasa. kan mereka nggak punya kewajiban juga.

    ReplyDelete
  21. Tejo keren ya.. sholatnya rajin bener dalam keadaan apapun.. wuaah~

    Tipe2nya bagus.. kalo gue mungkin dulu kayak tipe kebo.. abis puasa jadi lupa lagi, nyari2 miyabi lagi.. aaah...

    ReplyDelete
  22. Semoga gue masuk ke tipe ketiga.

    ReplyDelete
  23. Cocok tuh Tejonya nyoba profesi ustad sholatnya udah rajin bener...

    ReplyDelete
  24. wahhh, kreatip juga soal kambing dan kerbau..hehehe..semoga kita semua bisa menjadi golongan ketiga ya...baiknya ga cuma pas di bulan Ramadhan, terus ga kumat kumataaan..hehehe..aamiin..

    selamat Puasa anyway!

    ReplyDelete

Powered by Blogger.