Komentar terbaru

Kegiatan-Kegiatan yang Bisa Dilakuin Anak Kos di Hari Minggu




Menjadi anak kos memang banyak cobaannya. Mulai dari harus bangun pagi sampe harus menghindari makan indomie. Semuanya itu kudu dilakuin kalau mau karir sebagai anak kos tidak terancam. Tapi, dibalik itu semua adalagi hal yang paling berbahaya yang memang mesti wajib dilaksanakan minimal seminggu sekali atau dua minggu sekali itu adalah olahraga.

Percaya gak percaya anak kos itu jarang banget yang namanya olahraga. Aku akuin sih, banyak kali cobaan yang ngebuat kita yang tadinya pengen olahraga jadi males olahraga. Jangankan olahraga, bangun pagi aja susah apalagi kalau hari minggu bisa-bisa gak bangun seharian. Ketidak seringannya anak kos berolahraga itu biasanya disebabkan oleh time management yang buruk. Kalau terus-menerus dibiarkan ini bisa gawat, bukan cuman kesehatan, kuliah juga pasti terancam. Perut yang dari kampung tadinya six-pack petak-petak kayak martabak, begitu sebulan di kos-an malah buncit kayak ikan pesut lagi hamil.

Nah, untuk kali ini aku pengen ngebantu lo yang khususnya anak kos ataupun yang lagi baca ini (kalau ada yang baca) buat ngasih tahu apa-apa aja kegiatan simple yang bisa dilakukan pada hari minggu. Apa aja itu? Here they are!

Lari Pagi

Untuk kegiatan yang satu ini aku terinspirasi dari film The Imitation Game yang pemeran utamanya bernama  Alan Turing.

Meskipun jenius matematika, setiap pagi, sebelum dia merancang kembali mesin buatannya yang bernama Christopher (Christopher: sebuah alat untuk memecahkan kode enigma tentara Nazi. Mungkin, sekarang dikenal dengan nama komputer) dia selalu merutinkan diri buat lari pagi. 

Kenapa harus lari pagi?

Lari pagi itu olahraga yang simple tapi dinamis. Banyak sih, olahraga yang bisa kamu pilih. Tapi aku nyarani yang ini karena lebih efektif dan bisa dilakuin dimanapun dan kapanpun. Lagipula lari pagi ini banyak manfaatnya.

Pertama, Melancarkan aliran darah ke otak. Yang nantinya akan membuat pikiran menjadi jernih dan fresh kembali.

Kedua. Melatih gerak pompa jantung.

Ketiga. Yang paling penting buat anak kos. Dapat menghilangkan stres dan membakar kalori. Makanya orang yang lari pagi itu cenderung jarang yang berpenampakan seperti ikan pesut lagi hamil.

Lagipula, pas kuliah umum di aula, kebetulan hari itu bintang tamunya adalah guru besar sekaligus pembicara motivasi nomor satu di ITB. Dia mengatakan, "Meskipun kita pintar, kita tetap harus olahraga. Jangan malas-malasan, kasian otak. Setelah di press sekian hari, kita harus merehatkannya dengan olahraga. Jika ibadah itu asupan rohani, maka olahraga asupan jasmani. Orang yang olahraga itu cenderung jasmani dan rohaninya itu seimbang susah goyang."

Gara-gara perkataan dosen tersebut aku semakin yakin kalau olahraga itu penting meskipun sederhana. Terkadang hal-hal yang dianggap sederhana melahirkan sesuatu yang luar biasa.

Nasi Uduk.

Setelah tubuh penat dipake olahraga, saatnya untuk memanjakannya dengan makanan. Makan nasi uduk contohnya.

Salah satu kebiasaanku setelah lari pagi adalah singgah di warung buat makan nasi uduk. Sebenarnya udah ada temen yang masak makanan di kos, tapi yah namanya juga anak kos, makanannya gak lepas dari tahu ke tahu, tempe ke tempe, gitu aja terus sampe negara api merdeka. Kalaupun masak ayam goreng paling juga pas digigit rasanya berubah jadi rasa kaos kaki.

Meskipun gak tiap hari makan nasi uduk, itu aja udah buat aku bahagia. Bahkan cacing-cacing di dalam perutku mungkin bersorak gembira ketika tahu akan diisi dengan nasi uduk bukan nasi kecap+tempe lagi.

Gak perlu uang melimpah bagi anak kos cukup mengkonsumsi nasi uduk tiap hari aja udah buat kita bahagia. Apapaun ceritanya yang penting mangan dulu... Makanya kalau pas disuruh ibuk kos nemeni jadi pendamping dia ke kondangan rasanya aku benar-benar terharu plus pengen langsung sujud syukur. Setelah sekian lama gak makan rendang akhirnya aku bisa ngerasain lagi gimana rasanya rendang.

Nyuci Baju.

Udah kenyang, jangan lekas rehat, mending pikir lagi kegiatan apa yang harus dilakuin. Kalau aku pribadi sih, mending nyuci baju. Kenapa mesti nyuci baju?

Bagi anak kos yang dikirimin orangtua jajan pas-pas an berat rasanya untuk ngeluarkan uang kalau cuman untuk ngelaundry. Selain mahal, gak rela aja gitu, kolor yang tiap hari dipake masak pas nyuci dicuciin orang lain ntar rasanya beda lagi pas mau dipake macam ada manis-manisnya gitu. Dipegang-pegang, ditimbang-timbang, lalau diangkat (oke, ini mau laundry kolor atau laundry anak bayi?), lalu dicuci. Daripada sayang uangnya buat laundry, mending nyuci sendiri uangnya dipake buat makan dan beli roti. Toh, kalau aku gak ngelaundry juga gak bakal kurang ketamvananku kok, hehehehe....

Jadi bagi kami anak kos, hari libur itu sama aja kayak hari biasa. Kalau hari biasa jumpanya sama dosen di ruang kuliah, kalau libur jumpanya sama kolor-kolor yang berselemak di dalam kamar.

Cucilah kolormu, sebelum kolor mencucimu!

Gosok Baju.

Setelah nyuci baju pasti bakalan punya waktu luang. Nah daripada buang-buang waktu, mending dipake buat gosok baju. Bagi yang gak punya gosokan yang menumpuk, maka bersyukurlah berarti kamu bisa bersantai-ria di hari minggu. Bagi yang ada, maka berjuanglah!

Daripada nyuci baju, aku lebih sering menghadapi problem dengan yang namanya gosok baju. Males aja gitu, macam ada syeitan yang selalu membisikiku ketika aku sedang ingin menggosok baju "Udah jangan gosok baju... mending kita santai denger-denger lagu." Pegang lagi, berbisik lagi, "Udah lepasin aja... ngapain gosok baju mending tidur aja dulu..." Aku selalu tergoda dengan bisik-bisik syeitan.

Sangking seringnya ngalamin problem dengan menggosok baju, aku sampe buat alarm khusus di handphone buat ngingatkan aku kalau lupa gosok baju. Jadi pernah nih, pas kumpul ukm (unit kegiatan mahasiswa) jurnalis, tiba-tiba alarmku tersebut berbunyi. Langsung aja aku gelagapan buat langsung matikan alarm tersebut. Temen yang duduk disebelahku pun heran kenapa aku se-gelagapan itu mematikan alarm padahal kan cuman alarm. Dia pun nanya, "Alarm apa tadi itu?"

"Biasa," jawabku, "itu alarm gosok baju."

Tapi disini aku yakin kok pasti diantara kalian gak ada yang malas gosok baju pasti semuanya rajin-rajin. Sangking rajinnya, baju tetangga juga ikut digosokin. Setelah mencuci dan menggosok bau, tibalah kita pada kegiatan hari minggu yang paling menyenangkan, yaitu....

Nelpon Pacar.

Iya, serius, nelpon pacar.

Bagi yang menjalin hubungan LDR tentu berkomunikasi dengan pacar itu sangatlah vital. LDR itu nafasnya komunikasi. Kalau komunikasi aja udah gak lancar gimana hubungannya mau terus dilanjutkan?

4 hari dalam seminggu sibuk ngadapin kalkulus beserta semua dosen-dosennya, apa salahnya saat di penghujung minggu dipake buat manja-manja in diri sambil nelpon kekasih. Kasian aja gitu, tiap hari pacar cemas menunggu masa' pas liburan malah hilang kayak hantu?

Khususnya buat cowok nih. Wanita itu simple, se-simple cukup bilang aku sayang kamu aja dia udah seneng. Dalam hal menjalin hubungan jarak jauh gitu juga, wanita tetap simple. Cukup ngabarin dimana kamu dan kondisi kamu, pasti dia udah seneng.

Nelpon pacar itu memang cukup-cukup penting akar kuadrat bagi yang lagi LDR-an. LDR itu nafasnya komunikasi dan nyawanya rasa saling percaya. Jadi kalau keduanya udah gak sinkron lagi, janji-janji manis yang diucapkan pas pertama kali jadian itu hanya jadi angin lalu. Jarak bukanlah penghalang. LDR beda provinsi? itu gak masalah. Orang cuman beda provinsi kok, kecuali tadi beda dimensi. Satu di dimensi dunia, satu lagi di dimensi alam barzkah, kan gawat...

Buat yang lagi LDR mending buruan gih kasih kabar geh ke pacarnya. Jangan sampe do'i lebih milih ngasih kabar ke someone daripada nerima kabar dari kamu. Tapi jangan lupa, sebelum ngabarin pacar kabarin dulu orangtua karena orangtua lebih utama. Kalau gila ngabarin pacar daripada orangtua malah gak bagus juga. Yang ngasih uang jajan kan orangtua bukannya pacar. Tanpa uang jajan dari mereka mungkin sekarang kalian bukanlagi jadi mahasiswa melainkan almarhum/ah meninggal karena kurang gizi gak ada uang untuk makan nasi.

Pasti yang jomblo yang lagi baca ini lagi nangis-nangis karena bingung siapa yang mau di LDR-in. Boro-boro nyari pasangan LDR, nerima telepon masuk dari mbak-mbak McD deliveri aja udah senengnya setengah mati. Tenang aja mblo, daripada bingung mau ngapain, mending sholat geh dan do'a sama tuhan semoga ibuk kos disenangkan hatinya agar dapat diskon 70% buat kamar sewa. karena aku tau, bagi jomblo lebih penting lagi dapat diskon sewa kamar ketimbang ngisi pulsa buat LDR-an. Atau kalau gak, mending lo ngepel musholla komplek aja geh itung-itung buat amal baik kapanlagi coba jomblo berbuat baik. Manatau ntar lo luan lagi masuk surga ketimbang yang lagi pacaran, gimana? mau? ayo buruan!

Setelah membaca ini pasti lo bertanya-tanya dalam hati, "Bukannya yang nulis juga jomblo bahkan jones?"

Jawabannya, RAHASIA!!!
Kegiatan-Kegiatan yang Bisa Dilakuin Anak Kos di Hari Minggu Kegiatan-Kegiatan yang Bisa Dilakuin Anak Kos di Hari Minggu Reviewed by Rizali Rusydan on September 20, 2015 Rating: 5

35 comments:

  1. Haha... kita senasib bro... sama2 anak kos...
    wah, kalo lari pagi... gue jarang banget, bahkan bisa dibilang ga pernah...
    olahraga juga ga pernah... kalo masalah makan sih, jgn ditanya dah... hehe...
    kalo masalah pacaran, no comment deh... :)

    ReplyDelete
  2. saya yg bukan anak kos aja jarang olahraga. biasanya udah capek kerja dan begadang jadinya males banget

    dan nasi uduk kayak udah jadi makanan nasional no 1 kayaknya ya
    saya juga suka makan itu tiap pagi

    ReplyDelete
  3. Gue juga biasa lari pagi tiap mnggu meskipun bukan anak kos. Biasanya kumpul sama temen-temen alhasil bukannya lari malah curhat sambil jalan hahaha....

    tapi itu lu abis olahraga langsung makan gitu? gimana mau sixpack, ga berubah dong... -_-

    ReplyDelete
  4. aku bukan anak kos dan g pernah juga lari pagi huhu :') aku mending nyetrika baju ketimbang nyuci baju, kebalik kitaaa.

    kepengen jadi anak kos lagii. udh lama gk ngrasain jd ank kos. kmu ank UKm jurnalis? ank LPM ya?

    ReplyDelete
  5. itu nyuci baju hari minggu buat anak kos benerrrrrrrrrrrrrrrrr banget. kebiasaan anak kos nyuci baju suka ditumpuk-tumpuk sampe kek segunung, baru deh minggunya nyuci day~

    ReplyDelete
  6. wah kalo aku sabtu minggu emang diluangkan buat jogging. Pulang jogging lanjut nyuci hahaha
    Nelpon pacar? Aku punya pacar ga yah *Lohhhh

    ReplyDelete
  7. Lari pagi nggak bisa di manapun. Gak boeh kapan pun. Lari pagi harus pagi hari. Camkan itu, Rhoma! :D

    Kalo menurutku mending push up/sit up sih daripada lari, lebih bisa di mana aja. Dan.. menurutku LDR adalah hubungan paling brengsek yang pernah ada. :'D

    ReplyDelete
  8. goler goler di kasur, sampek kasurnya bosen dengan semua ini *halah.
    baca ini berasa muda belia lageee

    ReplyDelete
  9. Kasian banget bagi yang jomblo deh.. :D

    ReplyDelete
  10. Artikel yang sangat menarik :D

    http://clayton88.blogspot.com | http://bit.ly/1sUU8dl | http://goo.gl/lNMX3D | http://goo.gl/cAQcMp | http://goo.gl/97Yn1s | http://goo.gl/tw2ZtP | http://goo.gl/RkuB4G | http://bit.ly/1Mwgw3U | http://bit.ly/23ABPpR |

    ReplyDelete
  11. Gegoleran is the best... Lupakan cucian apalagi gosokan.. 😂😂

    ReplyDelete
  12. Wah mantab blognya, sebagai alumni kos kosan, apa yg disampaikan tepat sasaran, mirip oskadon, pancen oye!

    ReplyDelete
  13. Siippp..mantab tulisannya
    Oya, Mampir ya www.ryokusumo.com

    ReplyDelete
  14. Stalking mantan termasuk gak nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung mbak. Kalau mantannya mirip Pevita Pearce, aku stalking tiap hari.

      Delete
  15. Aku banget ini mahhh. Poin pertama biasanya di skip, padahal dari kos udah rapi pake sepatu buat lari pagi, tapi paling cuma 1 putaran udah nyerah. FYI Alun-alun Purworejo gede banget cuyyy. Nggak sanggup 5 putaran. Hahaha. Dan poin terakhir, aku ngga kuat di pulsa buat nelpon bang Taka di Jepang. Mwehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. taka? taka: one ok rock? haha. kayaknya bisa dikunjungin nih alun-alun Purworejo soalnya penasaran sebesar apasih hihi

      Delete
    2. Yess. Taka OOR. Wkwkwkwk. Cobain dehh, gabakal nyesel😂

      Delete
  16. Aku anak kos dan itu bener banget sih susah banget lari pagi karena kuliah selalu dapet jam pagi makanya gak pernah lari pagi. Pas libur jadi bales dendam meringkuk seharian di tempat tidur lol (jangan ditiru)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas libur selain bales dendam nyuci pakaian dulu yang udah numpuk setinggi everest

      Delete
  17. Bener jugaa yaa. Aku jaranv banget olahraga nya

    ReplyDelete
  18. Bener jugaa yaa. Aku jaranv banget olahraga nya

    ReplyDelete
  19. Wah, boleh nih dipraktikin!
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    Mager....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya juga ya
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .

      .
      .
      .
      makasih udah berkomentar hehe

      Delete
  20. Hahaha, kalau saya nyuci baju dan gosok baju, mumpung sudah banyak baju kotor. Boro-boro lari pagi, pagi-pagi saya sudah ngantuk level dewa, gravitasi tempat tidur mengalahkan segalanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. entah kenapa ketika libur, gaya grvitasi kasur seimbang dengan black hole hahahaha

      Delete
  21. haha gue kalo minggu biasa nya futsalan, itu baik buat kesehatan bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap. anak kos sehat mah olahraga jangan kek saya yang tidur mulu hahaha

      Delete

Powered by Blogger.