Tipe-Tipe Mahasiswa




Selama jadi mahasiswa gue banyak ketemu hal-hal baru. Seperti: teman baru, calon gebetan baru (yang akhirnya juga tetep jadi gebetan), atau istilah baru seperti, “Dosen itu Manusia Setengah Dewa” dan masih banyak lagi. Teman-teman gue pun beragam, ada yang dari Teknik Elektro, Teknik informatika, Teknik sipil, dll…

Berteman dengan Mahasiswa itu sedikit berbeda gak seperti dulu sewaktu SMA. Kalau pas SMA itu nyari temen gampang banget, cukup say “hai” tanya dari kelas berapa, udah temenan. Kalau sekarang, mau say “hai” ntar malah dikira sok akrab, mau nanya jurusan apa ntar malah dikacangin, salah-salah ngomong malah digampar lagi. Gue cuma punya satu temen pas awal-awal masuk kuliah itu pun temen se-kosan sendiri.

Mungkin karena fisik gue yang kecil, warna kulit gue yang hitam kayak kecelup aspal, dan karena suara gue yang melengking tiap kali ngomong, ini kali yang ngebuat gue susah dapet temen.

Semua butuh proses begitu juga untuk dapetin temen di kuliah. Butuh proses yang panjang sampe akhirnya gue punya banyak temen seperti sekarang.

Punya banyak temen mahasiswa itu banyak plus-minusnya. Semakin banyak temenmu semakin banyak pula kesempatan untuk ditraktir dan semakin banyak temanmu semakin banyak pula kesempatan untuk dihutangin ketika tanggal tua, gitu dia teorinya.

Tapi gak selamanya punya temen mahasiswa itu enak, ada juga yang gak enaknya.
Yang paling gak enaknya berteman dengan mahasiswa itu, kita harus mengenali watak setiap temen, dan sialnya watak manusia itu beragam. Ada yang pemarah, periang, ada juga yang suka ngutang. Bukan cuma mengenali wataknya, kita juga harus pandai menyikapi dan memilih teman di kalangan mahasiswa. Salah-salah milih temen malah terikut. Terikut bandalnya, kebiasaan suka bolosnya, banyak deh. Kita harus selektif dalam memilih teman, kenapa? Karena dalam dunia kuliah ada beberapa tipe mahasiswa yang wajib kalian ketahui dan masing-masing tipe ini saling bertolak belakang. 

Apa aja itu? Here they are:

Mahasiswa Teladan

Mahasiswa tipe ini punya semboyan “Ngerti gak ngerti yang penting masuk kuliah”.

Gak peduli sesulit apa pun kalkulus, yang penting ngampus. Seperti ini sih memang harusnya setiap mahasiswa, meskipun gak ngerti materi setidaknya masuk. Masuk aja gak ngerti, apalagi gak masuk? Tapi kebanyakan dari kita, termasuk gue sendiri, terkadang kalau udah gak ngerti materi pasti rasanya males mau ngampus.

Gue punya temen yang termasuk ke dalam tipe ini. Namanya Ghazwul, mahasiswa yang berasal dari Sumatera Barat. Dia yang ngajarin gue kalau masuk kuliah itu harus! Selama kaki masih bisa melangkah, dan nyawa masih ada, gak ada alasan untuk gak ngampus. Inilah alesan kenapa gue seneng berteman dengan dia. Dikala gue males kuliah, dia suka ngasih quotes-quotes sesat yang buat gue ngakak lalu semangat lagi.

Mahasiswa-mahasiswa tipe ini cocok banget buat ditemeni, serius!

Mahasiswa Jahannam

Mungkin ini mahasiswa yang paling biadab yang pernah gue temuin. Ngampus cuman pas awal bulan, itu pun cuman sampe tanggal 5, tanggal-tanggal selanjutnya nitip absen. Bahkan gue punya temen yang ngampus itu kalau lagi dimimpiin orangtua.

Mahasiswa-mahasiswa seperti ini gak cocok buat dijadiin temen. Selain males masuk kuliah, dia juga punya seribu satu alesan untuk nitip absen sama kita. Mulai dari, 
“Duh, sorry ya, kucing gue tadi pagi mati jadi mau gue kuburin dulu”,

“duh, sorry ya, gue lagi gak mood”, 

“Duh, sorry ya, gue mau operasi dulu soalnya titit gue tadi kejepit pintu!”

Kalau lihat mahasiswa jahannam ngampus itu macam ngeliat keajaiban dunia. Dan kalau selama tiga hari berturut-turut mereka ngampus, tandanya kiamat sudah mau dekat.

Mahasiswa Pintar

Ini mahasiswa yang paling popular di kalangan kampus. Populer di kalangan dosen juga popular di kalangan mahasiswi. Gue punya dua temen mahasiswa pintar yang sampe saat ini sering gue ajakin bobok bareng dan belajar bareng. Salah satunya bernama Wildan.

Wildan inilah mahasiswa yang bisa dapat nilai A Fisika disaat temen-temennya yang lain cuman bisa dapet nilai kisaran 0-50. Gue gak bisa ngebayangin gimana rasanya kalau gue yang dapet nilai 80 Fisika. Mungkin saat itu juga ketamvanan gue meningkat 70%, dan mendadak tiba-tiba banyak cewek yang deket sama gue walaupun muka gue mirip keset musholla.

Enak ya kalau dapet nilai tinggi. udah terkenal, banyak yang suka lagi. Gak seperti nilai 0 Fisika gue yang gak bisa dibangga-banggain sama sekali. Boro-boro banyak cewek yang suka sama gue, merhatiin aja kagak. Keberadaan mahasiswa yang dapet nilai 0 Fisika itu sama macem keset musholla, yang tiap harinya dipake tapi gak satupun orang yang prihatin sama keadaanya.

Jadi, seandainya aja Wildan nembak cewek, pasi jadinya keren.

Wildan: “Rena, mau kah kau menjadi pacarku? Mau kah kau menemaniku disaat sepi dan disaat berjuang dapetin nilai Fisika 80?”

Rena: (Langsung meluk Wildan) (Tanda kalau cintanya diterima)

Ahhhh….. soo swettttt….

Berbeda dengan gue. Seandainya gue yang nembak, pasti jadinya gini.

Rizal: “Zaitun, mau kah kau menjadi pacarku? Mau kah kau menemaniku disaat aku berjuang untuk ngindari nilai 0 Fisika?”

Zaitun: *Gue langsung diludahin*

Miris.

Mungkin segini dulu tipe-tipe mahasiswa yang dapat gue jelaskan sebenernya masih banyak lagi tapi hanya seginilah yang gue tau. Maka dari itu gue butuh dan sangat… sangat butuh komentar kalian semua tentang tipe-tipe mahasiswa kalau bisa sih tuliskan juga tipe-tipe mahasiswa yang kalian tahu, biar seru gitu! Share jawaban kalian di comment box ya!
Previous
Next Post »

6 comments

Write comments
Sunday, 09 March, 2014 delete

oke mas thanks saran nya

Reply
avatar
ifan uyakuya
AUTHOR
Sunday, 06 December, 2015 delete

Hahaha lucu mas bro, pernah sih jdi mahasiswa tpi gk berlangsung lama. :(

Reply
avatar
Nur Annisa
AUTHOR
Sunday, 06 December, 2015 delete

cuman 3 golongan dan gue ga masuk salah satunya

Reply
avatar
i Jeverson
AUTHOR
Wednesday, 30 December, 2015 delete

gue mau jadi ambigu ah. mahasiswa teladan yang pintar.. pintar jahanamnya
hahaha, nitip absen itu ternyata jahanam toh.. biasanya langkah selanjutnya setelah menjadi mahasiswa pintar adalah menjadi asdos.

Reply
avatar
Thursday, 25 August, 2016 delete

Besyukur dulu masuk tipe mahasiswa pintar jadi famous sampe ke adik2 kelas bahkan stelh lulus *tutupmuka* :D

Reply
avatar
Thursday, 10 November, 2016 delete

pasti anak teknik nih... temenannya cuma sama anak teknik doang...
tapi itu kenapa harus ada nama Wildan? :'(

Reply
avatar