Pandangan Anak Kos Terhadap Hari Valentine



Yo, whats up, men! Wuahahaha udah lama gak nulis lagi. Maklum, orang sibuk (padahal cuman sibuk kuliah)

Katanya hari ini hari valentine atau hari kasih sayang? Hari yang biasanya dirayain dengan berbagi cokelat entah itu coklat murah choki-choki atau cokelat yang agak mahalan cadburit. Kalau gue pribadi sih, jujur aja, gak peduli sama hari yang ginian. Jangankan valentine, hari syukuran atau lahiran anak artis yang dimasukin tv aja gue gak peduli. Mungkin sih, ini hanya menurut gue, gak tau kalau orang lain.

Contohnya, teman sekamar gue.

Tadi, pas gue mau masuk ke kamar, tiba-tiba temen gue ini ngomong, “Zal, gak terasa ya ini malam valentine.” Gue yang denger langsung terkejut. “Hah..., malam valentine? Bukannya ini masih tanggal 12?”

“Bukan goblok. Ini bukan tanggal 12, ini tanggal 13, makanya aku bilang ini malam valentine.”

“Oh... gitu,’ jawabku.

Pas gue cek, bener juga ini tanggal 13. Maklum sih, namanya juga mahasiswa suka lupa tanggal tapi kalau tanggal transfer duit gak pernah lupa.

Beberapa menit setelah ngobrol tadi, gue ngeliat kalau temen gue tersebut pandangannya kosong sambil menatap layar laptop. Kayaknya, kalau diliat dari pandangannya pasti dia lagi nonton hentai lagi mengingat sesuatu. Bisa jadi pengalaman buruknya ketika hari valentine. Entah itu, karena cokelatnya ditolak sama semua gebetannya karena cuman bisa ngasih cokelat choki-choki, atau gebetannya takut dikasih cokelat sama buto ijo jadi-jadian.

Kebetulan, kita berdua anak kos dan sekamar lagi. Karena besok hari valentine dan kebetulan gue anak kos, gue pengen ngasih tau tentang pandangan anak kos terhadap hari valentine.

Jadi gini, bagi sebagian anak kos mungkin hari valentine merupakan hari yang paling ditunggu-tunggu. Ada yang mau sayang-sayangan sama pacarnya, ada yang mau nembak gebetannya di hari valentine, ada juga yang pengen seharian seranjang sama pacarnya *yang terakhir itu boongan* Itu bagi sebagian anak kos, dan itu tidak termasuk gue.

Secara pribadi, mungkin juga temen-temen gue se-kosan, memiliki pandangannya masing-masing tentang hari valentine. Kalau gue sih, gue gak mau nyalahkan, dan juga gak mau benarkan, jadi ditulisan ini gue cuman mau ngasih pandangan biar pembaca yang nilainya sendiri “Penting gak sih Valentine itu dirayain”.

Kalau hari Valentine memiliki skala: Penting banget – Penting – Biasa - Kurang Penting - Gak penting, maka gue milih yang kurang penting.

Kenapa?

Kalau dilihat dari namanya “Hari Kasih Sayang” hari ini tujuannya untuk menebarkan kasih sayang. Entah itu melalui senyum, canda, ataupun lainnya. Tapi, dari kebiasaan sebelumnya hari kasih sayang di identikkan dengan saling memberi cokelat.

Mungkin bagi pemuda/i ini merupakan hal yang wajar. Tapi bagi gue TIDAK! Terkhusus lagi bagi anak kos. Ini tidak, tidak ada gunanya dan gak bermanfaat sama sekali. JANGANKAN NGASIH COKELAT KE GEBETAN, BELI DETERGEN BUAT NYUCI SEMPAK AJA MASIH MINTAK PUNYA KAWAN. Dan ini kegiatan yang buang-buang duit! Lebih baik uangnya dipake untuk hal-hal yang lebih berguna ketimbang untuk ngasih cokelat.

Masih banyak hari-hari yang mesti dirayakan. Seperti, Hari Pahlawan, Hari terjadinya pemberontakan komunis ataupun lainnya. Tapi anehnya, di zaman sekarang mengingat hari valentine itu lebih mudah ketimbang mengingat hari pahlawan.

Bukannya jelek-jelekin Hari Valentine atau apa ya. Menurut gue, ini bukanlah hari yang cocok untuk dijadikan hari kasih sayang. Kenapa dalam satu tahun harus merayakan satu hari kasih sayang? Kenapa gak tiap hari aja? Ini seperti perayaan-perayaan sebelumnya lebih tepatnya: Hari Ibu. Layaknya hari ibu, kenapa gak tiap hari aja kita merayakan hari ibu karena sayang ibu. Kenapa mesti pada tanggal bla bla bla baru upload foto di ig atau fb dengan caption “selamat hari ibu”. Gitu juga dengan valentine.

Gue jujur, selama punya pacar gue belum pernah sekalipun ngerayain hari valentine. Karena bagi gue saat itu, tiap hari bersamanya merupakan hari kasih sayang. Tiap tanggal jadian, tiap kali berantem, bahkan tiap kali telponan gue ngerasa kalau setiap hari adalah hari kasih sayang. Padahal, salah satu mantan gue ulang tahunnya deket banget sama hari valentine.

Sebagai anak kos yang keseringan makan indomie, gue dan temen-temen gue sepakat kalau  valentine bukanlah hari yang penting untuk dirayakan. Dilihat dari segi biaya, waktu, dan gebetan yang kita punya, ini semua tidaklah sinkron apalagi umumnya ketika ingin merayakannya bareng gebetan harus saling memberi cokelat. Jangankan beli coklat, bisa makan tempe goreng di tanggal tua aja udah bahagia.

Seharusnya, daripada mendingin atau ngutamain Hari Valentine, gimana kalau hari valentine (hari kasih sayang) kita ubah jadi hari kasih sayang anak kos. Hari ini tujuannya untuk mensejahterakan kehidupan anak kos. Setiap tanggal 30 diadakan hajatan besar-besaran yang mengundang seluruh anak kos dimanapun berada. Udah berpahala, masuk surga lagi. #HidupAnakKos #HariKasihSayangAnakKos #TuruninHargaKosan

Jadi, intinya, gak usahlah terlalu heboh kali ngerayain Hari Valentine besok sama pacar. Cukup diem, anggap gak pernah terjadi lalu lupakan, dan cobalah untuk menjadikan Hari Kasih Sayang itu menjadi setiap harinya. Karena sayang itu gak pake hari-harian, setiap hari bisa jadi hari kasih sayang.

Oh iya, gue selaku perwakilan anak kos se-Indonesia, meminta kepada seluruh masyarakat untuk menghapuskan hari kasih sayang dan mengubahnya menjadi Hari Kasih Sayang Anak Kos. Ini semua demi tujuan yang baik dan ini juga sebagai ajang untuk berlomba-lomba dalam kebaikan dengan tidak membiarkan anak kos kurang gizi tiap tanggal 30.
Previous
Next Post »

6 komentar

Write komentar
Rahul Syarif
AUTHOR
Saturday, 13 February, 2016 delete

Gue merayakan hari kasih sayang dengan tidur. Definisi kasih sayang bisa berarti luas~

Reply
avatar
Saturday, 13 February, 2016 delete

selamat hari kasih sayang anak kos! :P betul sih, seharusnya kita bisa merayakannya secara harian, bukan tahunan. :)

Reply
avatar
Monday, 15 February, 2016 delete

nah iya bener. tidur juga merupakn kasih sayang

Reply
avatar
Monday, 15 February, 2016 delete

selamat! wahahaha iya kan shrsnya hari kasih sayang bisa dirayain tiap hari

Reply
avatar
Monday, 15 February, 2016 delete

Setuju banget kalo hari kasih sayang diganti hari kasih sayang anak kos..ntar kalo saya udah ngekos, kehidupan anak kos jadi terjamin dan sejahtera. gak usah sibuk masak karena makanan udah disediain...whahaha

Reply
avatar
Saturday, 09 April, 2016 delete

Kalo saya tidak setuju mbak, karena saya bukan anak kost tapi anak emak - bapak saya mbak ... xixixi

Reply
avatar